Kesadaran Kita Selamatkan Kita


Kesadaran merupakan hal yang terpenting untuk manusia, bagaimana tidak? Tanpa kesadaran apa bisa manusia mengetahui dan mengingat apa yang terjadi selama dalam hidupnya. Bagaimana bisa kita menjalani hidup teratur tanpa adanya sebuah kesadaran, semua pasti memerlukan yang namanya kesadaran. Terutama tentang kesadaran diri, banyak diantara manusia tidak bisa melihat akan kesadaran dirinya sendiri, padahal itu merupakan satu kesatuan yang terpenting dalam hidup manusia. Dengan adanya sebuah kesadaran diri, manusia bisa mengevaluasi atas apa yang terjadi atau apa yang selama ini mereka perbuat, mulai dari perbuatan yang baik maupun perbuatan yang buruk.

22 April diperingati sebagai Hari Bumi Internasional, setiap negara memperingati hari bumi, salah satunya yaitu Indonesia. Hari bumi pertamakali dirayakan pada tahun 1970 yang dihadiri sebanyak 20 juta orang Amerika Serikat. Peringatan hari bumi semakin mengglobal pada tahun 1990 dengan jumlah 200 juta orang dari 141 negara yang merayakan. Pada tahun 2016 semakin banyak negara yang berpartisipasi sehingga hari bumi dikoordinasi oleh jaringan hari bumi atau earth day network. Setiap tahunnya, earth day network mendukung secara global untuk gerakan lingkungan.

Berbagai kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk melindungi bumi agar tetap sehat, bumi akan tetap aman apabila tidak ada yang membuatnya semakin rusak. Bumi yang tidak dijaga dengan baik, akan berdampak bagi lingkungan salah satunya yaitu bencana alam yang mengakibatkan dampak buruk pada masyarakat.

Masyarakat saat menghadapi berbagai bencana ataupun permasalahan lingkungan seperti banjir, tanah longsor, kekeringan dan kebakaran hutan akan mengalami kerugian materi maupun korban manusia. Berdasarkan hal tersebut kita sebagai manusia yang beriman dan sebagai manusia yang berpendidikan harus sadar akan hal tersebut, kesadaran kita diperlukan disini untuk pentingnya menjaga bumi dari pencemaran dan kerusakan dalam rangka menghadapi tantangan lingkungan di bumi.

Kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan disekitar kita merupakan aspek dasar yang harus dimiliki oleh semua orang. Mengingat kondisi bumi yang suhunya terus meningkat, kita semua sebagai penghuni sekaligus sebagai pemakai sumber daya alam yang ada di bumi ini, kita harus menjaga bumi kita ini agar kondisi bumi membaik. Banyak cara sederhana yang dapat dilakukan oleh manusia untuk menjaga lingkungan agar lingkungan yang ditempati manusia dapat dikatakan nyaman dan sejuk.

Cara paling sederhana adalah membuang sampah pada tempatnya. Akan tetapi slogan ini sudah tidak dihiraukan lagi oleh masyarakat, mereka menganggap remeh akan hal tersebut. Padahal dengan membuang sampah pada tempatnya, kita dapat terhindar dari bencana banjir. Banjir yang terjadi dipemukiman penduduk pada umumnya terjadi karena meningkatnya volume air pada tempat-tempat yang digenangi air, seperti selokan, kali, sungai, dan lain-lain, sehingga air yang ada pada genangan air tersebut meluap keluar. Meningkat dan meluapnya volume air tersebut dikarenakan pada genangan-genangan tersebut banyak sampah yang dibuang sembarangan oleh masyarakat sendiri. Dengan demikian marilah kita sadar akan pentingnya untuk membuang sampah pada tempatnya, alangkah baiknya kita bisa memanfaatkan sampah yang ada menjadi sesuatu yang bermanfaat, menjadi sebuah kerajinan tangan, sampah rumah tangga kita olah menjadi sesuatu yang bemanfaat bagi diri kita sendiri maupun orang lain.

Cara yang lain adalah dengan menanam tumbuhan atau pohon ditempat tinggal kita, dengan menanam pohon ditempat tinggal kita, maka kita akan mendapatkan pasokan oksigen yang sangat bermanfaat bagi diri kita sendiri. Setelah menanam pohon atau tumbuhan lainnya, kita tetap harus menjaga dan merawatnya dengan baik. Sebagai manusia yang mengiginkan kesehatan, udara bersih juga dapat dikatakan sebagai prioritas utama selain air bersih dan makanan higienis yang berkriteria empat sehat lima sempurna, udara bersih juga hal yang sangat penting, karena bernapas merupakan kebutuhan hidup manusia yang alamiah.

Mengembangkan masyarakat untuk peduli lingkungan diharapkan dapat efektif disampaikan melalui pendidikan lingkungan sekolah. Sebagai tempat belajar, sekolah dapat membantu siswa untuk memahami dampak perilaku manusia dibumi serta pentingnya bumi sebagai tempat hidup yang berkelanjutan. Oleh karena itu pentingnya pemahaman tentang menjaga bumi harus ditanamkan pada setiap orang sejak kecil.

Lingkungan yang sehat adalah lingkungan yang bersih dari polutan-polutan yang merugikan manusia. Kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan merawat tumbuh-tumbuhan adalah hal yang harus dimiliki oleh setiap individu, agar alam ini pun menjadi kondusif dan terasa nyaman bagi semua manusia yang hidup dibumi ini yang di mulai dari kesadaran diri sendiri. Jagalah bumi agar tetap sehat!

 “Kesadaran kita Selamatkan kita”

Selamat Hari Bumi Internasional
22 April 2020

Penulis : Afifi Fauzi

1 Komentar

  1. Your article well written and simple to understand. You make excellent points. Thanks for sharing great blog…

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama