Apel Srikandi LLHPB Jawa Tengah, HW UMS Tampil Teknik Vertical Rescue dari Lantai 5 Gedung Psikologi


Foto: Ayunda Anggraini Melakukan Simulasi Teknik Penyelamatan Korban di Medan Vertikal dari Lantai 5 Gedung Psikologi Kampus II UMS


Surakarta- Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Tengah selenggarakan Apel Srikandi perdana di UMS (21/4). Penyelenggaraan apel ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kesadaran seseorang terhadap resiko bencana, utamanya sebagai wanita yang sering kali di rumah mengalami bencana-bencana kecil sehingga perlu dibekali dengan sikap tanggap bencana.

Mengusung tema “Muhammadiyah dan Aisyiyah Tanggap Bencana”, LLHPB bekerjasama dengan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Jawa Tengah, Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Jawa Tengah, Hizbul Wathan UMS, dan Menwa UMS. Dalam apel tersebut terdapat simulasi penyelamatan korban di medan vertical oleh Tim Rescue HW UMS, serta simulasi pemadaman api kecil oleh Pemadam Kebarakan (Damkar) Sukoharjo.

Selain itu, apel ini sekaligus sebagai Pengukuhan Tim Fasilitator dan Tim Rescue Wanita LLHPB Jawa Tengah yang sebelumnya telah mendapatkan pelatihan di Jepara selama satu minggu. Menurut Rahmawati Husen selaku Wakil Ketua Pimpinan Pusat Aisyiyah, "Tim Rescue telah mendapatkan pelatihan dasar yang meliputi teori serta praktik teknik evakuasi. Sedangkan Tim Fasilitator diberi pelatihan berupa kebutuhan dasar untuk menangani orang yang terdampak bencana, seperti kebutuhan dapur umum, kesehatan, bagaimana mengkaji cepat kebutuhan, memberi pelayanan-pelayanan kebutuhan dasar, baik makan, sandang, dan papan selter (penampungan sementara)".

Bertempat di Lapangan Psikologi Kampus 2 Universitas Muhammadiyah Surakarta, Ketua Pelaksana Apel Srikandi, Ismokoweni mengatakan “Kami mengambil event dan tempat disini karena membawa 4 nama yang luar biasa. Pertama Srikandi yang artinya wanita yang tangguh. Kedua, hari ini bertepatan dengan hari Kartini. Ketiga, lapangannya di belakang Gedung Siti Walidah, beliau merupakan ketua pertama ortom istimewa Muhammadiyah yaitu Aisyiyah. Keempat, di depan Masjid Sudalmiyah Rais yang merupakan salah satu tokoh Muhammadiyah juga. 4 nama ini sangat istimewa untuk diselenggarakan”, Ujarnya saat ditemui setelah acara selesai.

Terkait dengan Simulasi Teknik Penyelamatan Korban di Medan Vertikal, Ayunda Anggraini menuturkan "HW UMS ingin menujukkan kepada semua wanita bahwa wanita juga bisa action dalam penanggulangan bencana. Tidak hanya laki-laki yang bisa action dalam penanggulangan bencana terutama dibidang Vertical Rescue". (AlMuya/Anang) 






SHARE ON:

Hello kawan, salam Pandu dari kami Hizbul Wathan Kafilah Penuntun Moh. Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta. Disini kami berbagi banyak info tentang kegiatan kami maupun Keilmuan dalam kepanduan. ingin tau apa saja kegiatan yang kami adakan?? atau ilmu Apa saja yang kami pelajari?? mangkanya kepoin kami terus yak... :) :) dan juga jangan Lupa!!! Join With Us !!! Fastabiqul khoirot .

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar