Expo UKM UMS, Hizbul Wathan Menjadi Salah Satu Stand yang Menarik dan UKM yang Banyak Diminati

Selasa-Rabu, 22-23 Agustus 2017 dalam rangka penyambutan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Surakarta, Badan Eksekutif Mahasiswa Kabinet Bengawan Sakti UMS menyelenggarakan kegiatan Expo Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kegiatan Expo UKM dibagi menjadi 2 kloter. Kloter 1 pada Selasa, 22 Agustus terdiri dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran Umum, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Ilmu Kesehatan. Sedangkan Kloter 2 pada Rabu, 23 Agustus 2017 terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Komunikasi dan Informatika, Fakultas Geografi, Fakultas Hukum, Fakultas Agama Islam, dan Fakultas Farmasi.


 Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Sang Surya yang dipimpin oleh UKM Voca Al Kindi UMS. Foto: HW UMS/Reza M. Noor

Kegiatan yang berlangsung dua hari ini dilaksanakan di lapangan Edupark UMS yang terletak di depan kampus 4 Fakultas Kedokteran UMS dari pukul 07.00-16.00 WIB. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk memperkenalkan seluruh elemen UKM yang ada di UMS dengan konsep parade UKM serta display dari setiap UKM dengan durasi maksimal 12 menit.

Terdapat 30 UKM yang berpartisipasi dalam berjalannya kegiatan Expo UKM tahun 2017 ini, diantaranya MENWA, Hizbul Wathan, USF, Rapma, Pramuka, Karate, Tapak Suci, Taekwondo, Lemkari, MUEC, MEDS, Ar-Rasail wa Namlah, LPM Pabelan, LPM Campus, MPQ, LDM-PM, Malimpa, UBB, Kopma UMS, Voca Al Kindi, Marching Band, dan lain sebagainya. Expo UKM ini merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru UMS.

Dalam Expo UKM ini dihadiri oleh Dr. Sofyan Anif M.Si selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta beserta jajarannya, Rohmad Wahyudin dan OktaNama Putra selaku Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa UMS beserta jajarannya, serta Drs. H. Juliyatmono selaku Bupati Karanganyar.

Orasi kebangsaan disampaikan oleh Rohmad Wahyudin sekaligus memimpin sumpah mahasiswa. Selain itu, Bupati Karanganyar Drs. H. Juliyatmono juga melakukan orasi kebangsaan serta sambutan kepada mahasiswa baru. Rektor UMS, Dr. Sofyan Anief  dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam Expo UKM ini sangat dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk menyalurkan bakatnya melalui UKM yang ada di UMS.

Mahasiswa memiliki tugas untuk melakukan observasi dan mendeskripsikan minimal 10 UKM disertai cap ke masing-masing UKM yang telah dideskripsikan pada lembar yang telah disediakan oleh panitia. Selain itu terdapat kolom UKM yang diminati serta kolom UKM yang paling menarik menurut mahasiswa.


Suasana Expo UKM saat pengobservasian UKM UMS. Foto: HW UMS/Rinanto

Hizbul Wathan termasuk dalam salah UKM yang menarik menurut mahasiswa, di mana dalam display menampilkan teknik penyelamatan korban di medan vertikal. Dalam displaynya, SAR HW UMS berusaha mengevakuasi satu korban yang tergantung di tebing Gunung Gamping Bandardawung dengan kondisi patah tulang leher serta tidak sadarkan diri. Tim medis HW UMS segera memberikan penolongan pertama dengan memberikan servical cholar pada korban. Selain itu, dari atas menara salah satu Rescuer HW UMS memberikan sambutan kepada mahasiswa baru dengan MMT yang bertuliskan “Selamat Datang Mahasiswa Baru Universitas Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Surakarta”.


Ucapan Selamat Datang Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Surakarta melalui MMT dari atas menara oleh Rakanda Dahlan Amin Rescuer HW UMS. Foto: HW UMS/Reza M. Noor


“Saya sangat bangga Hizbul Wathan menjadi salah satu stand yang menarik pada Expo UKM tahun 2017 ini. Serta menjadi salah satu UKM yang banyak diminati mahasiswa baru karena tertarik dengan 3 bidang keahlian khusus HW UMS yaitu Jungle Rescue, Vertical Rescue, dan Water Rescue. Saya berterimakasih kepada BEM UMS yang telah mempersiapkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Kemudian, saya juga sangat bangga kepada seluruh UKM yang ada di UMS mampu menunjukkan totalitas mereka dalam setiap display yang mereka laksanakan. Semoga UKM UMS semakin berkembang dan mencetak mahasiswa yang memiliki kemampuan khusus yang sangat berguna di masyarakat”, Rakanda Ahmad Khoirul selaku Ketua Kafilah HW UMS. (Almuya-red)


Kunjungan Drs. H. A. Dahlan Rais M.Hum Pimpinan Pusat Muhammadiyah ke stand HW UMS. Foto: HW UMS/Ika


SHARE ON:

Hello kawan, salam Pandu dari kami Hizbul Wathan Kafilah Penuntun Moh. Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta. Disini kami berbagi banyak info tentang kegiatan kami maupun Keilmuan dalam kepanduan. ingin tau apa saja kegiatan yang kami adakan?? atau ilmu Apa saja yang kami pelajari?? mangkanya kepoin kami terus yak... :) :) dan juga jangan Lupa!!! Join With Us !!! Fastabiqul khoirot .

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar