REKSA GIRI WANA

a.         Pengertian
Bina Karya Mandiri Reksa Giri Wana adalah merupakan wadah pembinaan anggota Hizbul Wathan Kafilah Penuntun Moh. Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta yang fokus pada kegiatan exploring and pioneering (penjelajahan dan perintisan) di alam bebas untuk menambah pengetahuan, keterampilan, kecakapan, dan pengalaman dalam menjaga serta melestarikan lingkungan.
b.         Seragam BKM Reksa Giri Wana
Seragam Bina Karya Mandiri Reksa Giri Wana Hizbul Wathan Kafilah Penuntun Moh. Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta adalah sebagai berikut:
1)        Baju berwarna biru tua;
2)        Celana dan atau rok berwarna hitam.
c.         Arti lambang:
1)        Segi Lima
Merupakan manifestasi bentuk dari 5 (lima) rukun Islam yang menunjukkan bahwa Hizbul Wathan Kafilah Penuntun Moh. Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta dalam melaksanakan kegiatannya mengedepankan aspek keIslaman.
2)        Melati
Merupakan identitas bahwa Bina Karya Mandiri adalah wadah pembinaan yang bersifat khusus bagi Pandu Penghela dan Penuntun Hizbul Wathan.
3)        Arah Mata Angin
Menunjukkan bahwa kegiatan Hizbul Wathan salah satunya melingkupi penjelajahan alam bebas sebagai salah satu metode pembelajaran bagi seorang pandu di alam terbuka (out door).
4)        Tebing
Merupakan penggambaran dari salah satu bagian bentuk gunung yang terjal, hal ini mengartikan sebelum mencapai puncak gunung untuk melihat keindahan alam ciptaan Allah swt. harus berjuang melewati jalan yang terjal sebagaimana dalam perjalanan kehidupan harus berjuang terlebih dahulu untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan.
5)        Pemanjat
Merupakan manifestasi dari kegiatan Hizbul Wathan yang menarik, menantang, dan menyenangkan.
6)        Tulisan Reksa Giri Wana
Menunjukkan identitas nama Bina Karya Mandiri.
d.         Arti warna:
1)        Hijau
Menunjukkan penggambaran dari panorama alam Indonesia yang subur dan indah sehingga menciptakan keteduhan serta kesejukan.
2)        Kuning
Menunjukkan pada aktivitas mental dan menarik perhatian untuk menciptakan suasana bahagia atau menyenangkan.
3)        Hitam
Menunjukkan keteguhan hati yang dimanifestasikan dalam bentuk tulisan, tebing, dan outline lambang BKM.
e.         Makna keseluruhan:

Pandu Penuntun Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kafilah Penuntun Moh. Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta berusaha mengaplikasikan Kode Kehormatan Pandu Hizbul Wathan melalui Bina Karya Mandiri Reksa Giri Wana dalam mengeksplorasi kegiatan alam bebas dengan mengedepankan kegiatan Islami dan diramu dengan metode pendidikan pandu yaitu menarik, menantang, dan menyenangkan serta mengutamakan standart safety procedure dalam kegiatannya.

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar