JITUPASNA


pengkajian kebutuhan dasar pasca bencana (JITUPASNA)

- DALA --> pendataan kerugian dan kerusakan
- HRNA --> Human Recovary Need Assesment

Point pembahasan:
- HRNA merupakan salah satu point tentang teknik-teknik dasar pencarian data dan wawancara untuk pendataan kebutuhan dasar korban pasca bencana
- Enumerator --> orang yang mengumpulkan data atau pewawancara.

- setelah data didapat maka akan direkap / entry kedalam komputer kemudian di buat presentasenya menggunakan diagram lingkaran.

- Adapun salah satu teknik pewawancaraan yang baik adalah dilakukan dengan tenang dan tidak kaku karena biasanya korban pasca bencana memiliki trauma, panik dsb.
- Siklus bencana:
1. Pembangunan
2. Pencegahan resiko bencana
3. Mitigasi
4. Bencana
5. Tanggap darurat
6. Rehabilitasi
7. Rekonstruksi

Nah adapun JITUPASNA yang kita maksudkan diatas dilakukan pada tahap REHABILITASI & REKONSTRUKSI.

# Perlu diketahui bahwa saat kita telah melakukan HRNA maka ada tahap ketika data tersebut perlu untuk di validitas karena tujuan utama HRNA adalah untuk mendapatkan data keutuhan dasar korban. # Dalam hal ini kebutuhan tersebut adalah kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan bukan sekedar keinginan korban.

Semoga bermanfaat😘😘😘

Latihan Rutin (25/3/2017)
#BKM RESCUE

SHARE ON:

Hello kawan, salam Pandu dari kami Hizbul Wathan Kafilah Penuntun Moh. Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta. Disini kami berbagi banyak info tentang kegiatan kami maupun Keilmuan dalam kepanduan. ingin tau apa saja kegiatan yang kami adakan?? atau ilmu Apa saja yang kami pelajari?? mangkanya kepoin kami terus yak... :) :) dan juga jangan Lupa!!! Join With Us !!! Fastabiqul khoirot .

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar