Pengembangan 8 Simpul Dasar Dalam Mountenering



Aplikasi simpul: Pengembangan 8 Simpul Dasar Dalam Mountenering

Ilmu Mountenering tidak lepas dari ilmu tali temali (simpul). Simpul memiliki berbagai macam   dan jenis yang memiliki fungsi yang berbeda. Latihan kali ini kita membahas mengenai aplikasi delapan simpul dalam dalam Mountenering. Apa sajakah macam-macam simpul tersebut? dan apa saja fungsinya dalam  mountenering? Mari kita ulas bersama...

1. Simpul jangkar
Simpul jangkar merupakan simpul yang paling sederhana. Dalam ilmu Mountenering Simpul jangkar berfungsi dalam Frussiking. Pengembangan simpul jangkar ini digunakan untuk mengaitkan sling Frussik pada Tali lintasan utama. Tekniknya, simpul jangkar ganda yang dipakai dengan tiga lilitan.

2. Simpul pangkal
Selain digunakan untuk mengawali ikatan, dalam Mountenering Salah satu kegunaannya adalah untuk rangkaian pembuatan anchor. Simpul panggal digunakan untuk mengaitkan Tali utama pada Carrabiner.

3. Simpul Kupu-kupu
Simpul ini memiliki kegunaan yang banyak pula. Salah satu keguanaanya untuk melindungi tali yang friksi, dengan simpul kupu2 maka tegangan tali akan tegak lurus sehingga tali yg friksi tidak mendapat beban. 

4. Simpul kambing
pengembangan dari simpul ini yaitu simpul kambing ganda. Simpul ini digunakan untuk membuat Ancor pada medan sulit, seperti keadaan yang tinggi rendah. Dengan teknik ini maka akan mempermudah membagi beban pada Ancor. Fungsi lainnya adalah untuk pemberian beban ketikan melakukan peregangan tali

5. Simpul Nelayan
Simpul ini banyak digunakan untuk menyambung dua unung tali yang sama besar. Salah satu kegunaannya dalam ilmu Mountenering adalah untuk membuat Sling prusik. Sling prussik menggunakan simpul nelayan dengan 4 lilitan sehingga lebih kuat dan aman.

6. Simpul Anyam
Simpul anyam ada dua jenis yaitu Shit Knots Band dan Square knots Bans. Shit Knots band digunakan untuk menyambung tali yang berbeda ukuran.
Square knot bans digunakan untuk menyambung tali yang sama ukurannya.

7. Simpul delapan
Salah satu kegunaan simpul ini  untuk rangkaian pembuatan anchor. Digunakan untuk ancor Amerika, simpul delapan dikaitkan dengan carrabiner pada pembuatan ancor. Selain fungsi diatas, simpul delapan juga berfungsi sebagai penghubung tali tubuh dengan Lintasan utama dalam climbing, hal ini dilakukan jika carrabiner jumlahnya terbatas.

8. Simpul pita
Simpul pita digunakan untuk menyambung tali yang berbentuk pipih. salah satu kegunaannya untuk membuat Sling webbing.

Demikian pemaparan dari kami, selamat mencoba...
Salah HW...


Latihan Rutin (13/3/2017)
#Divisi Diklat

SHARE ON:

Hello kawan, salam Pandu dari kami Hizbul Wathan Kafilah Penuntun Moh. Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta. Disini kami berbagi banyak info tentang kegiatan kami maupun Keilmuan dalam kepanduan. ingin tau apa saja kegiatan yang kami adakan?? atau ilmu Apa saja yang kami pelajari?? mangkanya kepoin kami terus yak... :) :) dan juga jangan Lupa!!! Join With Us !!! Fastabiqul khoirot .

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar