Hizbul Wathan UMS Raih Pendanaan PPK Ormawa 2022

 Hizbul Wathan UMS Raih Pendanaan PPK Ormawa 2022


Surakarta - PPK Ormawa merupakan program penguatan kapasitas Ormawa melalui serangkaian proses pembinaan ormawa oleh Perguruan Tinggi yang di implementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.

Hizbul Wathan merupakan Satu dari tujuh organisasi kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Surakarta yang lolos pendanaan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ormawa) tahun 2022. Hal tersebut diketahui berdasarkan pengumuman dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tanggal 15 Juli 2022 melalui surat nomor 2741/E2/KM.09.00/2022 perihal penerima Bantuan PPK Ormawa 2022


Menurut Djumadi selaku Dosen pembimbing  menuturkan bahwasanya program penguatan untuk meningkatkan kapasitas organisasi kemahasiswaan ini melalui serangkaian pembinaan dan seleksi yang bertahap hingga akhirnya Hizbul Wathan UMS berhasil meraih pendanaan dari Kemendikbudristek. 


Hizbul Wathan UMS mengangkat  tema Kampung Iklim yang berjudul "Optimalisasi Peran Sibat untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kelurahan Sewu Melalui Program Kampung Iklim".

Adapun lokasi yang menjadi objek sasaran pada kegiatan PPK Ormawa ini bertempat di Kelurahan Sewu, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta. 


 "Kami memilih Kelurahan Sewu ini menjadi tempat pengabdian kami ini karena di kelurahan ini memiliki potensi yang dapat menunjang terbentuknya kampung iklim. Satu sisi daerah ini tergolong sudah padat penduduknya, namun dengan adanya tempat wisata didaerah ini bernama Tugu Apem yang berdampingan dengan aliran Sungai Bengawan Solo dikelola oleh masyarakat juga komunitas SIBAT namanya dengan beranggotakan pemuda - pemuda yang produktif, mana ini menjadi hal yang menarik untuk di kembangkan dan diterapkan kampung iklim di kelurahan ini." Ujar Amim Muslim 


Salah satu Tim Hizbul Wathan UMS Istiqomah  menjelaskan bahwa program kampung iklim antara lain 1) Pelatihan Pengelolaan Lingkungan 2)Pengelolaan Sampah Organik dan non Organik 3) Tata Kelola Lingkungan 4) Pelatihan Sigap Bencana 5) Ekowisata Kelurahan Sewu serta Sosialisasi Program Kampung Iklim guna menumbuhkan kemandirian masyarakat dalam melaksanakan adaptasi perubahan iklim, termasuk menjaga nilai-nilai kearifan tradisional atau lokal yang dapat mendukung upaya penanganan perubahan iklim dan pengendalian kerusakan lingkungan secara umum.

3 Komentar

  1. It will probably be really beneficial to everyone, including me. flappy bird

    BalasHapus
  2. I want to encourage you to ultimately continue your great writing, have a nice weekend!  friday night funkin word search io games gmail sign up

    BalasHapus
  3. Thank you for sharing a very meaningful article, I think it will be very helpful for me and everyone. Play game The Baby In Yellow online free.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama