random posts

randomposts

Tips Fokus Saat Kuliah Online

Hampir satu tahun tertanggal 14 Maret 2020 sejak dikeluarkannya surat edaran oleh Wakil Rektor 1 UMS No. 197/A.2-VIII/BR/III/2020 aktifitas pembelajaran dilaksanakan DARING (dalam jaringan). Di situasi pandemi seperti ini kita dipaksa untuk beradaptasi dengan perubahan, seperti perubahan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran jarak jauh menggunakan virtual conference platform menjadi langkah mencegah penyebaran SARS-CoV-2 di lingkungan pendidikan. Namun setelah satu tahun langkah tersebut diterapkan muncul kejenuhan dalam belajar sehingga terjadi berkurangnya konsentrasi ketika belajar (Ningsih, Laras Kristia. 2020. Kejenuhan Belajar Masa Pandemi Covid-19 Siswa SMTA di Kedungwungu Indramayu. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.Surakarta).

Kali ini divisi penelitian dan pengembangan akan memberimu tips fokus kuliah online, diantaranya:

1.    Pilihlah tempat yang nyaman.

Untuk membuatmu fokus belajar pilihlah tempat yang nyaman, sehingga suasana pembelajaran berjalan dengan kondusif. Pilihlah tempat seperti di kamar atau ruangan yang bisa membuatmu fokus. Lakukan kuliah di atas meja dan hindari di atas kasur. Mengapa dilarang belajar di kasur? Karena untuk menghindari godaan rebahan yang membuat cepat ngantuk, tidak fokus dan susah mencerna pelajaran yang dijelaskan dosen.

2.    Pakailah pakaian yang nyaman dan bersih

Sebelum memulai belajar alangkah baiknya untuk merapihkan penampilan terlebih dahulu. Pakailah baju yang rapih dan bersih, dengan memakai baju yang nyaman dapat membuat suasana belajar lebih fokus dan terasa seperti masuk kelas saat belajar normal.

3.    Menjauhkan diri dari gangguan notifikasi atau kebisingan

Hal yang sering dialami yaitu mendapat notifikasi dari handphone sehingga kita tidak fokus, untuk memfokuskan perkuliahan maka perlu kiranya untuk mencoba mengaktifkan mode silent lalu letakkan handphone dalam posisi terbalik sehingga tidak bisa dijangkau oleh tangan serta pandangan mata dan untuk menghindari kebisingan dari lingkungan sekitar kita bisa memakai earphone.

4.    Sediakan air putih dan cemilan

Hal yang jarang dilakukan saat kuliah online yaitu menyediakan air serta cemilan. Air putih sangat penting untuk membantu kelancaran sirkulasi oksigen di otak dan sangat berpengaruh untuk berkonsentrasi, cemilan juga penting untuk menahan lapar. Ketika sudah menyediakan air dan cemilan di dekatmu maka kamu tidak perlu bolak-balik mengambilnya saat kuliah sedang berlangsung apalagi pas dosen sedang menjelaskan, bisa-bisa ketinggalan materi deh.

5.    Catat bagian materi yang penting

Mencatat materi dapat memperdalam pemahamanmu mengenai materi, hal ini dapat membantumu mengingat dan mengulang kembali materi saat belajar ujian nantinya. Dengan mencatat materi akan membuatmu lebih fokus mendengarkan penjelasan dosen serta ketika menemukan poin yang kurang dipahami maka kamu dapat bertanya saat sesi tanya jawab dan meluangkan waktu untuk mereview kembali materi kuliah.

6.    Pastikan waktu tidur yang cukup

Usahakan tidak tidur larut malam untuk menghindari ngantuk saat perkuliahan pagi hari. Meskipun off camera dan wajahmu tak terlihat di ruang virtual, tetapi ketika kamu mengantuk akan sulit fokus menerima materi kuliah. Tidur yang cukup (6-8 jam) akan membentuk pola hidup sehat dan dapat meningkatkan produktivitas.

 

Demikian 6 tips fokus kuliah dalam jaringan yang bisa kami sampaikan. Selain tips diatas, kalian bisa menambahkan tips sesuai kebutuhan dan kondisinya masing-masing. Memasuki semeter genap 2020/2021 dengan lembaran baru, mari evaluasi proses belajar diri sendiri untuk menyukseskan resolusi akademikmu, semangat!


#Div.Litbang

#HW_UMS

SHARE ON:

Hello kawan, salam Pandu dari kami Hizbul Wathan Kafilah Penuntun Moh. Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta. Disini kami berbagi banyak info tentang kegiatan kami maupun Keilmuan dalam kepanduan. ingin tau apa saja kegiatan yang kami adakan?? atau ilmu Apa saja yang kami pelajari?? mangkanya kepoin kami terus yak... :) :) dan juga jangan Lupa!!! Join With Us !!! Fastabiqul khoirot .

1 Comments: