KESEHATAN

a.         Pengertian
Bina Karya Mandiri Reksa Giri Wana adalah merupakan wadah pembinaan anggota Hizbul Wathan Kafilah Penuntun Moh. Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta yang fokus pada kegiatan exploring and pioneering (penjelajahan dan perintisan) di alam bebas untuk menambah pengetahuan, keterampilan, kecakapan, dan pengalaman dalam menjaga serta melestarikan lingkungan.
b.         Seragam BKM Reksa Giri Wana
Seragam Bina Karya Mandiri Reksa Giri Wana Hizbul Wathan Kafilah Penuntun Moh. Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta adalah sebagai berikut:
1)        Baju berwarna biru tosca;
2)        Celana dan rok berwarna biru tosca untuk ruangan dan harian;
3)        Celana dan rok berwarna biru dongker (Bawahan HW) untuk lapangan.
c.         Arti lambang:
1)        Segi Lima
Merupakan manifestasi bentuk dari 5 (lima) rukun Islam yang menunjukkan bahwa Hizbul Wathan Kafilah Penuntun Moh. Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta dalam melaksanakan kegiatannya mengedepankan aspek keislaman.
2)        Melati
Merupakan identitas bahwa Bina Karya Mandiri adalah wadah pembinaan bagi Pandu Penghela dan Penuntun Hizbul Wathan.
3)        Bulan Sabit
Merupakan lambang yang diambil dari tim kesehatan Islam yang ada sejak zaman Rasulullah SAW, dipakai juga oleh negara-negara muslim, dan lambang kesehatan yang dipakai oleh Muhammadiyah sejak zaman perjuangan berdasarkan buku “Al Quran dan Kesehatan Masyarakat” karya dr. Sudan.
4)        Tulisan Kesehatan Hizbul Wathan
Menunjukkan identitas nama Bina Karya Mandiri.
d.         Arti warna:
1)        Hijau
Menunjukkan penggambaran dari panorama alam Indonesia yang subur dan indah sehingga menciptakan keteduhan serta kesejukan.
2)        Kuning
Menunjukkan pada aktivitas mental dan menarik perhatian untuk menciptakan suasana bahagia atau menyenangkan.
3)        Merah
Menunjukkan keperkasaan, kekuatan, ketangguhan, kewaspadaan, dan kesiapsiagaan dalam setiap keadaan terutama menghadapi keadaan darurat.
4)        Hitam
Menunjukkan keteguhan hati yang dimanifestasikan dalam bentuk tulisan dan outline lambang BKM.
e.         Makna keseluruhan:
Pandu Penuntun Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kafilah Penuntun Moh. Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta berusaha mengaplikasikan Kode Kehormatan Pandu Hizbul Wathan melalui Bina Karya Mandiri Kesehatan, selalu siap siaga membantu dan menolong orang lain dalam aktivitas kemanusiaan yang fokus pada bidang kesehatan dan penyelamatan/rescue jiwa manusia dengan kualifikasi Medical First Responder (MFR).

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar